Categories
Uncategorized

Bisnis Masker di Tengah Pandemi

Berbisnis masker ada beberapa sekarang ini sedang naik daun. Produksi masker beranjak naik hari demi hari. Hal ini sangat wajar sekali, karena virus corona yang tak kunjung usai, membuat bisnis masker di tengah pandemi begitu marak dimana-mana.

Peluang Bisnis Masker di Tengah Pandemi

Kalau masih ingat, di awal-awal pandemi produk masker sampai susah didapatkan di pasaran. Peluang ini pun menjadikan usaha jualan masker merebak di masyarakat. Bahkan, banyak penjual lain pun yang beralih menjual masker dan meninggalkan usahanya yang dulu ditekuninya.

Kebijakan pemerintah yang mewajibkan semua orang memakai masker, benar-benar berefek ke perilaku hidup masyarakat. Berbagai pihak pun mulai mengembangkan bisnis masker medis maupun masker kain. Banyak orang yang akhirnya meraup omset yang fantastis karena memanfaatkan peluan berbisnis masker.

Jenis Masker yang Menjanjikan Keuntungan

peluang usaha masker di tengah pandemi

Pada awalnya, karena saking mendesaknya kebutuhan masker serta stok masker yang sedikit. Masker jenis apapun laku di masyarakat. Tetapi makin kesini, kebutuhan yang tinggi untuk mencegah virus corona. Model masker pun mulai berkembang.

Dari yang awalnya masker polos, lalu makin kesini mulai ada sentuhan nilai seni. Lalu muncul jenis masker lain misalnya masker keluarga, warna-warni sampai ke masker yang memiliki konsep desain yang menarik dan stylish

Begitu juga awalnya, masker bedah warna hijau marak sekali. Tetapi dengan seruan akan stok dan kemandirian, muncul masker kain. Tentu dengan tetap sesuai standar kementerian kesehatan. Sehingga masker kain yang laris yang minimal 2 lapis, sehingga lebih aman dari risiko tertulas virus corona.

Kendala Berbisnis Masker

Saat awal memulai usaha, apalagi jika bergelur di bidang produksi, stok bahan biasanya agak sulit untuk didapatkan. Perintah mewajibkan penggunaan masker, benar-benar membuat stok komponen langka juga. Dari mulai tali masker sampai bahan dasarnya juga.

Penentuan Harga Masker

Langkanya bahan untuk memproduksi masker membuat harga di pasaran tidak stabil. Sehingga omset berbisnis masker bisa dibilang tidak menentu. Model bisnis ini akan terus berkembang di masa pendemi.

Makin kesini, stok akan stabil, bahan akan makin mudah didapat. Sehingga untuk balik modal akan lebih cepat. Dengan begitu, produksi bisa degenjot, omset pun meningkat sehingga profit akan mudah didapat.

Tips Meningkatkan Bisnis Masker

Pada awal memulai bisnis masker, jangan terlalu muluk-muluk. Mulailah dari kecil dulu. Jangan lansung pengen naik secara drastis. Urutkan dari menarget pasar individu. Setelah laris dibeli oleh masyarakat, baru boleh menarget pasar yang lebih luas.

Misalnya dengan menargetkan penjualan reseller, agen maupun distributor. Caranya dengan menawarkan ke perusahaan atau kantor-kantor dengan cara ikut lelang dan sebagainya. Ketika orderan masuk, bisa langsung banyak, sehingga kita tidak perlu sibuk promosi terus.

Tantangan Bisnis Masker ke Depan

Bagaiamana jika pandemi berakahir? Apa masih worth it untuk menjalankan usaha jenis ini? Jangan khawatir, ada beberapa yang bisa kita kembangkan di bisnis ini, apa itu?

  • Buatlah branding sejak awal, sehingga bakal diingat oleh customer Anda
  • Mulai beralih dengan membuat desain yang keren produk masker Anda, dari situ Anda bisa mengembangkan produk ke area yang lebih besar, misal topi, kerudung, hijab, pakaian dan lain-lain
  • Mindset pandemi ini hitungannya tahun, kalau hilang pun tidak langsung lenyap. Anda bisa siap-siap dari sekarang untuk melebarkan sayap ke bisnis lain
  • Kembangkan bisnis komplementer lain
  • Jaga hubungan dengan mitra, baik itu konsumen maupun produsen Anda. Ini adalah aset untuk networking dan promosi. Banyak bisnis yang membutuhkan network yang luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *