Categories
Elektronik

Petunjuk Penggunaan Mesin Cuci

Ketika teknologi mesin cuci semakin berkembang maka secara perlahan proses mencuci pakaian secara manual pun juga mulai berkurang. Meskipun demikian, tidak bisa dipungkiri jika masih banyak orang yang tetap setia melakukan mencuci manual karena dianggap lebih bersih. Namun, seiring berkembangnya zaman, kehadiran mesin cuci semakin dibutuhkan terutama oleh ibu rumah tangga yang memiliki kesibukan di kantor dan sejenisnya.

Perlu Anda ketahui bahwa proses mencuci dengan mesin cuci memanglah mudah. Namun, saat ini masih banyak orang yang belum paham tentang petunjuk penggunaan mesin cuci yang benar. Nah, jika Anda termasuk pemula dalam menggunakan mesin cuci ini maka silahkan menyimak informasi di bawah ini.

Petunjuk Penggunaan Mesin Cuci

petunjuk penggunaan mesin cuci

Mesin cuci otomatis memang mempermudah proses pencucian pakaian yang awalnya dilakukan dengan cara manual. Kehadiran mesin cuci juga dianggap menghemat tenaga bagi para ibu rumah tangga. Pada dasarnya cara mencuci pakaian kotor menggunakan mesin cuci ini cukuplah sederhana. Anda hanya perlu memasukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci lalu menambahkan detergen sesuai takarannya. Setelah itu mesin cuci akan bekerja secara otomatis untuk membersihkan pakaian.

Jika Anda masih kurang paham dengan cara mengoperasikan mesin cuci ini maka cobalah untuk membaca buku panduan dari mesin cuci tersebut. Biasanya produsen mesin cuci akan memberikan buku panduan yang berisi langkah-langkah mengoperasikan mesin cuci beserta tips-tips mencuci pakaian dengan bersih. Namun, jika Anda masih kebingungan mungkin langkah-langkah berikut ini bisa memudahkan Anda dalam mengoperasikan mesin cuci tersebut.

  • Pertama masukkanlah pakaian kotor dan detergen di dalam tabung mesin cuci
  • Selanjutnya, isilah tabung mesin cuci tersebut dengan air bersuhu yang telah disesuaikan. Anda juga bisa mengatur volume air yang dibutuhkan
  • Kemudian, jalankanlah siklus pencucian mesin cuci. Pada dasarnya, semakin banyak muatan mesin cuci maka akan semakin lama pula waktu yang diperlukan untuk mencuci
  • Jika siklus pencucian telah selesai maka langkah selanjutnya ialah mengeluarkan air pencucian yang kotor lewat selang yang telah disediakan di bagian belakang mesin
  • Setelah itu, masukkanlah kembali air bersih ke dalam tabung mesin cuci. Lalu jalankan siklus pembilasan
  • Jika siklus pembilasan telah selesai maka, pakaian Anda pun akan bersih dan siap dijemur. Untuk mesin cuci semi otomatis, Anda biasanya perlu memindahkan cucian ke tabung pencucian di sebelahnya untuk membuang semua sisa-sisa air. Tabung tersebut juga disebut dengan tabung pengering
  • Setelah itu keluarkanlah semua cucian dari mesin cuci lalu gantung atau jemurlah di bawah sinar matahari

Jenis mesin cuci bermacam-macam. Ada yang memiliki fitur canggih seperti zerowatt, pengering cepat, tentu pilihlah yang hemat listrik. Lebih-lebih jika akan digunakan untuk usaha laundry. Rusak sedikit bisa mengganggu cash flow.

petunjuk penggunaan mesin cuci 1 tabung

Tidak semua fitur perlu dihadirkan di mesin cuci Anda, misal seperti fitur alat setrika, atau zeromatic maupun matic series. Yang penting bisa untuk mencuci dan mengeringkan saja itu sudah cukup. Pemakaian yang cerdas adalah kata kunci agar awet dan tahan lama.

Bentuk mesin cuci juga macam-macam, ada yang dua tabung, drum, front loading hingga yang bukaan nya di samping. Bahkan mesin cuci khusus hijab pun ada.

Pengaturan Umum Pada Mesin Cuci

Pada dasarnya, setiap mesin cuci memiliki pengaturan masing-masing. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap mesin cuci biasanya memiliki buku panduan yang bisa Anda ikuti. Selain membaca petunjuk dari buku panduan, Anda juga perlu mengenal label pakaian yang terdapat pada kera pakaian biasanya.

Jika di pakaian Anda tertera hand wash only maka pakaian tersebut tidak bisa dimasukkan ke dalam mesin cuci dan harus dicuci secara manual. Namun, untuk membuat kainnya tetap awet dengan cara mencuci menggunakan mesin cuci maka cobalah menggunakan air dingin dan jenis detergen yang lembut. Jangan lupa menggunakan pengaturan pencucian normal saat melakukan pencucian.

Ada banyak merek mesin cuci seperti electrolux, samsung, sharp, polytron, midea, toshiba, national, panasonic, denpoo, hitachi. Kebanyakan didominasi brand merk besar asal Jepang alias japan.

Petunjuk penggunaan mesin cuci yang perlu Anda perhatikan pula ialah saat proses pencucian telah selesai. Jangan lupa untuk tetap membuka pintu tabung agar bagian dalam mesin cuci dapat kering dan tidak berjamur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *